Contoh Laporan Kunjungan Industri PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)

Laporan Kunjungan Industri  PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas karunia- Nya, kami bisa menyelesaikan Laporan Kunjungan Industri yang bertempat di Semarang pada tanggal 16-18 Januari 2019

Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan dan dorongan dari berbagai pihak yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mneyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1.      Ayah dan Ibu tercinta yang tidak pernah berhenti memberi dukungan moral maupun material.

2.      ……….. selaku Kepala Sekolah …………….

3.      ……………. Selaku Wakasek Kesiswaan

4.      …………….. Selaku Komite

5.      ……………. Selaku Guru Pembimbing

6.      ……………. Selaku Guru Pembimbing

7.      ……………. Selaku Guru Pembimbing

8.      Teman-teman SMA/K ........ serta kepada semua pihak yang telah membagi dan membantu dalam menyelesaikan laporan ini.

Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan memberikan balasan yang berlipat ganda atas semua kebaikan yang telah diberikan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada siswa siswi SMK Bhakti Kencana Soreang sebagai bekal pengalaman nyata. Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna.

Bandung, Januari 2019

 

 

                                                                                                                    ………………….

 

DAFTAR ISI

KATA PENGATAR……………………………………………………………………….......1

DAFTAR ISI…………………………………………………………………….……..………2

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………..…………....3

A.                LATAR BELAKANG KUNJUNGAN INDUSTRI………………….…..……………3

B.                 TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI………………………….………..………….....3

C.                 MANFAAT KUNJUNGAN INDUSTRI………………………………....……………4

 

BAB II PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR ,TBK

A.                LATAR BELAKANG…………………………………………………...……….…….5

B.                 SEJARAH …………………………………………………………..…………………5

C.                 TUJUAN BERDIRINYA………………….………………………………….…..……6

D.                CARA PEMBUATAN  MIE  INSTAN.….…………………………………...……….7

E.                 PRODUK YANG DIHASILKAN……………………………………………………..7

 

BAB III PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)…………………..8

A.                TEMPAT KUNJUNGAN…………….………………………………………….…….8

B.                 SEJARAH…………………….……………………………………………….……….8

C.                 PROFIL PERUSAHAAN ……………………………………………………..………8

D.                HASIL KEGIATAN…………………………………………………………..……….9

 

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

A.                KESIMPULAN………………………………...……………………………………..12

B.                 SARAN…………………..……………………………………………………...……12

C.                 LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI……………....13

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………….……..16

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Kunjungan Industri

Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang lebih memadai, dll.

Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebgai rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan-urutan proses kerja di industri tersebut.

Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut  aktif untuk menggalih informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa dan proses produksi dibidang bisnis dan managemen. Siswa juga harus mengetahui dan membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh disekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

 

B.     Tujuan Kunjungan Industri

Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut :

1.      Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.

2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perushaan.

3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.

4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa tanggung jawab dan kedisiplinan.

5.      Membantu siswa melaksanakan program diklat.

6.      Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.

7.      Tidak hanya tahu teknik juga praktik dan cara pemasarannya.

C.    Manfaat Kunjungan Industri

    Bagi siswa

·         Dapat mengetahui tata tertib dan kedisiplinan yang tegas pada dunia kerja.

·         Melihat secara langsung cara kerja produksi.

·         Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat usaha sendiri.

       Bagi sekolah

·         Memperlakukan tata tertib yang tegas bagi siswa

·         Sekolah dapat  mengajak siswa belajar langsung di lapangan

    

     Bagi Industri

·         Dapat berbagi ilmu dengan siswa

·         Mengajak dan memperlihatkan proses produksi bagi siswa maupun guru

·         Memperkenalkan sejarah singkat tentang pendirinya industri

·         Memperkenalkan hasil produksi pada masyarakat luas.

 

 

BAB II

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

 

A.    LATAR BELAKANG

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.  merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas diJakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga AustraliaAsia, dan Eropa.

 Dalam beberapa dekade ini Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.

B.     SEJARAH

Sejarah Berdirinya PT. Indofood Makmur

            Perusahaan ini didirikan dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta Perubahan No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibuat dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli 1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam. Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11 Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.

            PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan salah satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada saat itu jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang

            Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak,Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja lokal.

C.    TUJUAN BERDIRINYA

 Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah :

1)      memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal  maupun pengembangan usaha strategis;

2)      mengurangi biaya transportasi;

3)      selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan;

4)      mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan

5)      berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.

D.    CARA PEMBUATAN  MIE  INSTAN

1.      Mixing

2.      Pressing

3.      Silling

4.      Cutting

5.      Di masukkan ke cetakan

6.      Di goreng

7.      Di masukkan bumbu

8.      packing

E.     PRODUK YANG DIHASILKAN

·         Indomie

·         Pop Mie

·         Sarimi

·         Supermi

·         Sakura

·         Sarimi Gelas

·         Intermi

·         SUN

·         Bumbu Kaldu Indofood

·         Bumbu Instan Indofood

·         Bumbu Racik Indofood

·         DLL

 

 

 

BAB III

PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)

 

A.   Tempat Kunjungan

1.      Omah Herborist Semarang, Beauty Care Factory Outlet

PT.Victoria Care Indonesia

Alamat : Jl Jend Gatot Subroto,

2.      Kawasan Industri Candi                             

Blok 5A/8 Ngaliyan, Semarang,

B.     Sejarah

PT Victoria Care Indonesia saat ini telah menjadi mitra kerja terpercaya bagi banyak perusahaan ritel besar di Tanah Air. Kepercayaan yang telah diraih ini tak lain karena PT Victoria Care Indonesia senantiasa inovatif dan selalu menjaga mutu produknya. Perusahaan lokal bertaraf internasional ini berhasil menempatkan diripada posisi terbaik sebagai produsen kosmetik, perlengkapan toilet, dan perawatankesehatan.

Selain itu, produknya juga aman dipakai serta cocok untuk kebutuhan dan kulit wanita Asia khususnya Indonesia. Pesatnya perkembangan perusahaan yang berbasis di Kota Semarang, Jawa Tengah, ini lantaran memiliki konsep dan visi-misi yang fokus. Faktor lainnya adalah karena manajemen yang selalu memegang teguh komitmen untuk menyediakan produk terbaik dan aman digunakan. Begitu puladengan meratanya jaringan distribusi. Anak perusahaan SSS Group ini memiliki target untuk memproduksi kosmetik lainnya agar masuk pasar dunia. Selain tentunya mempertahankan reputasi sebagai salah satu pelopor industri manufaktur yang mumpuni dan berdaya saing tinggi.(YNI/Tim Usaha Anda).

C.   Profil Perusahaan

Herborist merupakan salah satu merek perawatan kulit tradisional Bali yang dapat membuat kulit halus dan bersih dalam cara yang lebih praktis. Berada dibawah naungan PT Victoria Care Indonesia, lebih dahulu memasarkan produknya di Bali. Melihat semakin besarnya peminat produk Herborist di Bali, maka Herborist juga dipasarkan di kota-kota lain termasuk Jakarta. Herborist memiliki banyak varian produk perawatan kulit seperti Herborist Lulur Tradisional Bali, Herborist Hand and Body Wash, juga produk parfum yaitu Herborist Natural Scent. Tidak hanya untuk kulit Herborist juga mengembangkan produknya untuk perawatan Miss V yaitu Herborist Feminine Wash.

Di Omah Herborist ini selain memproduksi berbagai produk kecantikan seperti massage oil, skin care, lulur bali, juga dilengkapi museum mini berkaitan dengan dunia kecantikan. Berasal dari bahasa Jawa yang berarti rumah, Omah Herborist merupakan sebuah kearifan tradisi lokal, yang juga merupakan sebuah pengalaman memahami dan menggali warisan budaya dan kekayaan alam nusantara untuk kecantikan wanita Indonesia.

Lebih dari sekedar beauty care factory outlet, Omah Herborist ini mendokumentasikan sejumlah warisan sejarah herbal tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini dan pemutaran film pendek. Dilengkapi dengan kolekasi benda-benda kuno yang pernah menjadi saksi perjalanan waktu. Selain itu pengunjung juga bisa membeli produk  Herborist Natural Care dengan harga pabrik.Untuk kunjungan bisa datang langsung ke Omah Herborist Setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00– 17.00.

D.    Hasil Kegiatan

Omah Herborist (PT. Victoria Care Indonesia) Kegiatan kunjungan industri di PT.Victoria Care Indonesia dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2017,waktu kunjungan pukul 13.00-1500.

Saat pertama kali kunjungan di Omah Herborist pengunjung dipersilahkan untuk masuk ke Ruang Lab (QC,R&D,Lab Mikro,Ruang reparasi,SPV QC, MGR QC,Ruang Retain sampel,Ruang Doc Keeeper, dan Ruang Fisika).

Ruang fisika terdapat neraca untuk bahan baku ditimbang skala kecil ,kemudian di hitung Ph,kekentalan dengan viskometer karena jika terlalu kental akan susah untuk di aplikasikan.Ruang Kimia terdapat stringhot plate untuk melelehkan ,kemudian terdapat uji saponin : sebanyak apa busa yang di hasilkan. Ada bagian ruang standar bahan baku untuk melakukan uji esktrak in vitro dan in vivo di uji bersama kulit manusia , Standar  bahan baku halal yang sudah teruji kehalalan dari bahan baku dari najis. Kemudian bahan di uji dalam etalase dengan sinar lampu tahan atau tidak, di laboratorium mikrobiologi di test ada tidaknya mikroba.

Ada ruang R&D bagian inovasi produk biasanya proses pengujianya dengan 5 smapel di uji di dalam kulkas /freezer kemudian didalam etalase suhu kombinasi semisal  pagi terkena matahari malam tidak terkena atau sebaliknya kemudian di ruang suhu tanpa ac. Di ruang Retain Sampel Ruang dimana sampel yang di simpan supaya jika ada keluhan dari pasien bisa di telusuriuntuk investigasi, produk disimpan selama sampai masa expaired + 1 tahun. Standar bahan kemas di ruangan ini produk di masukan ke dalam inkubator selama 3 bulan ,jika dapat bertahan selama 3 bulan dalam ruang ini menandakan ketahanan produk jika berada di luar dapat bertahan 3 tahun dengan suhu di inkubator tersebut yaitu 47,9 C.

Kemudian kami memasuki Ruang Produksi sebelum memasuki Ruang Produksi yang perlu diperhatikan adalah: steril. Di ruang interface Pengunjung akan dibekali dengan pakaian khusus yang steril mulai dari jas lab, masker, penutup kepala dan  pelindung alas kaki. Selain itu, kita tidak boleh memotret dan tidak boleh asal memegang  piranti dan produk di dalam pabrik. Kemudian pengunjung akan berkeliling di ruang  produksi yang berada di lantai 2. Selain tidak boleh memfoto dan mendokumentasikan dalam bentuk apapun kecuali untuk pembelajaran kunjungan dengan mencatat di buku tulis ,di ruang produksi ini kami hanya bisa melihat proses produksi di luar etalase, karena untuk menghindari plagiasi atau pencurian ide. Di ruang produksi ini bagian lantai merupakan lantai epoxy yang tidak menyerap debu .

Air yang di gunakan adalah AIR RU (AHU) yang dapat membunuh 99% bakteri selain di gunakan untuk bahan baku air ini digunakan untuk air minum karyawan. Pada  bagian ini terdapat berbagai ruang, yaitu: ruang bersih, ruang penyimpanan parfum, ruang reverse osmosis, ruang timbang produk, ruang cuc i alat, ruang penirisan alat, ruang  pemanasandan mixing padat, krim & cair, serta area karantina produk ruahan. Untuk  bahan baku yang akan di mixing (padat +krim) untuk yang padat seperti sabun dapat di  produksi 500 kg 1 kali produksi ,untuk krim2 ton mesin mixing ini bekerja 4-6 jam kerja .

Untuk produksi padat setelah di mixing masuk ke ruang cetakan. Produk yang dicetak akan masuk ke ruang penyimpanan sementara bahan padat dinginkan (di  bekukan)10 hari kemudian dinpotong-potong . Untuk produksi cair memperoduksi 2 ton dalam 4-6 jam kerja , 1 mesin dapat memproduksi 20000 botol isi 100 ml. Untuk menyimpan produk cair ada tangki khusus kemudian untuk bahan krim dimasukan ke : Tong biru, padat di higiens padat. Setelah berkeliling dibagian produksi, kita akan turun ke lantai 1 untuk melihat isi gudang penyimpanan, ruang labeling  & barcode, ruang pengisian yag dibedakan antara cair, krim & padat, serta di area pakaging .

Untuk proses labelling /pengemasan dan pengisisan/ filling. Menggunakan mesin pegasus (labelling) setelah pengemasan ,terdapat proses untuk memastikan mengecek label terpasang dengan baik , Ruang pengisian : terdapat pengisian dengan mesin tube untuk sediaaan tube seperti produk Herborist body butter,mesin pengi minyak zaitun dan pengisi  bentuk cair seperti parfum. Penyimpanan gudang dilakukan berdasarkan huruf abjad dan disini juga dilakukan penimbangan skala besar.

Area packaging saat memasuki ruang ini pengunjung tidak boleh melewati garis merah dan kuning . Kemudian ke Ruang pengelolaan Limbah (IPAL) ,pengelolaan limbah cair standar penentuan bahan itu tidak mencemari dan tidak mengandung zat berbahya adalah dengan : digunakan untuk menyiram tanaman jika tidak mati berarti sudah tidak berbahaya ,kemudian ada juga dengan uji dikolam ikan air yang sudah di kelola itu dimasukan ke kolam ikan jika ikanya tidak mati berarti tidak berbahaya lagi.

Kemudian kami kembali ke lantai 1 untuk istirihat sebentar ada sambutan hangat dari pihak PT. Victoria care Indoneisa, pemaparan materi , dan sesi tanya jawab oleh pihak PT. Victoria Care Indoneisa.Kemudian kami menuju ke ruang mini museum Omah Herborist ternyata juga mendokumentasikan sejumlah warisan sejarah herbal tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini yang berisikan sejarah herbal dan bahan alami untuk kecantikan dan  perawatan tubuh. Selanjutnya kami menuju theater room untuk menyaksikan film pendek sejarah berdirinya PT. Victoria Secret . dan ke factory outlet yang menjual semua produk mulai  produk biasa seperti sabun sirih, minyak zaitun, sun block, scrub, parfum, lulur, dan lain-lain. Ada juga premium produk seperti parfum,dll yang hanya bisa di dapat di pabrik dan bali. Nah, disitu pengunjung bisa berbelanja sesuai keinginan dan kebutuhan.  

 

 BAB IV

PENUTUP

 

 

A.   Kesimpulan

1.      Dengan diadakan Kunjungan Industri seperti ini siswa siswi diharapkan dapat berfikir maju, kreatif, dan efisien sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif misalnya kenakalan remaja karena bakat dan kemampuannya lebih tersalur kepada hal-hal yang positif yang akan berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.

2.      Semangat dan kegigihan dalam membuat atau mendirikan usaha itu ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.

B.   Kesan dan Saran

Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.

Kesan :

1.      Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik.

2.      Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung karyawan - karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.

3.      Banyak pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut.

4.      Kami mendapatkan banyak ilmu mengenai perusahaan yang kami kunjungi.

Saran :

1.      Kegiatan lebih baik disesuaikan dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannya.

2.      Diharapkan agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.

3.      Sekolah sebaiknya mengadakan Kunjungan Industri ketempat yang sesuai dengan kompetensi keahlian.

 

 

LAMPIRAN

FOTO-FOTO KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar