Laporan Kunjungan Industri PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT karena atas karunia- Nya, kami bisa menyelesaikan Laporan
Kunjungan Industri yang bertempat di Semarang pada tanggal 16-18 Januari 2019
Penyusunan laporan ini tidak lepas
dari bantuan dan dorongan dari berbagai pihak yang tidak ternilai harganya.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mneyampaikan penghargaan dan
rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Ayah
dan Ibu tercinta yang tidak pernah berhenti memberi dukungan moral maupun
material.
2. ………..
selaku Kepala Sekolah …………….
3. …………….
Selaku Wakasek Kesiswaan
4. ……………..
Selaku Komite
5. …………….
Selaku Guru Pembimbing
6. …………….
Selaku Guru Pembimbing
7. ……………. Selaku Guru Pembimbing
8. Teman-teman
SMA/K ........ serta kepada semua pihak yang telah membagi dan
membantu dalam menyelesaikan laporan ini.
Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat
dan hidayah-Nya, dan memberikan balasan yang berlipat ganda atas semua kebaikan
yang telah diberikan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi
kepada siswa siswi SMK Bhakti Kencana Soreang sebagai bekal pengalaman nyata.
Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna.
Bandung,
Januari 2019
………………….
DAFTAR
ISI
KATA PENGATAR……………………………………………………………………….......1
DAFTAR ISI…………………………………………………………………….……..………2
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………..…………....3
A.
LATAR BELAKANG KUNJUNGAN INDUSTRI………………….…..……………3
B.
TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI………………………….………..………….....3
C.
MANFAAT KUNJUNGAN INDUSTRI………………………………....……………4
BAB II PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR ,TBK
A.
LATAR BELAKANG…………………………………………………...……….…….5
B.
SEJARAH …………………………………………………………..…………………5
C.
TUJUAN BERDIRINYA………………….………………………………….…..……6
D.
CARA
PEMBUATAN MIE INSTAN.….…………………………………...……….7
E.
PRODUK YANG
DIHASILKAN……………………………………………………..7
BAB III PT.
VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH HERBORIST)…………………..8
A.
TEMPAT KUNJUNGAN…………….………………………………………….…….8
B.
SEJARAH…………………….……………………………………………….……….8
C.
PROFIL PERUSAHAAN ……………………………………………………..………8
D.
HASIL KEGIATAN…………………………………………………………..……….9
BAB IV KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
KESIMPULAN………………………………...……………………………………..12
B.
SARAN…………………..……………………………………………………...……12
C.
LAMPIRAN
FOTO-FOTO KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI……………....13
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………….……..16
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Kunjungan Industri
Latar
belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja.
Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan,
tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa
juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebgai rekreasi, tapi
menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi
industri secara langsung, dan melihat urutan-urutan proses kerja di industri
tersebut.
Kunjungan
industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa
dituntut aktif untuk menggalih informasi
tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri.
Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa dan proses
produksi dibidang bisnis dan managemen. Siswa juga harus mengetahui dan
membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh
disekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh
selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B.
Tujuan Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut :
1. Memperluas pengetahuan siswa dalam
lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong siswa agar mempunyai minat
bekerja di perushaan.
3. Memberi informasi tentang cara kerja
dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong siswa agar mempunyai rasa
tanggung jawab dan kedisiplinan.
5. Membantu siswa melaksanakan program
diklat.
6. Melihat secara langsung proses
produksi dari awal sampai akhir.
7. Tidak hanya tahu teknik juga praktik
dan cara pemasarannya.
C.
Manfaat Kunjungan Industri
Bagi siswa
·
Dapat
mengetahui tata tertib dan kedisiplinan yang tegas pada dunia kerja.
·
Melihat
secara langsung cara kerja produksi.
·
Mendapat
gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat usaha sendiri.
Bagi
sekolah
·
Memperlakukan
tata tertib yang tegas bagi siswa
·
Sekolah
dapat mengajak siswa belajar langsung di
lapangan
Bagi Industri
·
Dapat
berbagi ilmu dengan siswa
·
Mengajak dan
memperlihatkan proses produksi bagi siswa maupun guru
·
Memperkenalkan
sejarah singkat tentang pendirinya industri
·
Memperkenalkan
hasil produksi pada masyarakat luas.
BAB II
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.
A.
LATAR BELAKANG
PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan
produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas diJakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada
tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood
Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa.
Dalam beberapa dekade ini
Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food
solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan
proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga
menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.
B.
SEJARAH
Sejarah Berdirinya PT. Indofood Makmur
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta
Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan
Akta Perubahan No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibuat dihadapan
Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah mendapat persetujuan dari
Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan
Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal
12 Juli 1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan
dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan
dalam. Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11
Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan
mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood
Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham
yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51tanggal 5 Februari
1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta. PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan
makanan olahan terkemuka di Indonesia yang
menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan
pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan
salah satu cabang dari PT Sanmaru Food
Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta
dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada saat itu jumlah karyawan
yang ada sebanyak 200 orang
Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di
lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan.
Divisi mie instan merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar
di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung,
Pontianak,Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung,
Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan
Kendari. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke
wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh
konsumen dalam keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui
pemerataan tenaga kerja lokal.
C.
TUJUAN BERDIRINYA
Tujuan didirikannya PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah :
1)
memperluas
bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun
pengembangan usaha strategis;
2)
mengurangi
biaya transportasi;
3)
selalu
meningkatkan kesejahteraan karyawan;
4)
mensuplai
daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan
5)
berperan serta
dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan
penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
D.
CARA PEMBUATAN MIE INSTAN
1. Mixing
2. Pressing
3. Silling
4. Cutting
5. Di masukkan ke cetakan
6. Di goreng
7. Di masukkan bumbu
8. packing
E.
PRODUK YANG DIHASILKAN
·
Indomie
·
Pop Mie
·
Sarimi
·
Supermi
·
Sakura
·
Intermi
·
SUN
· DLL
BAB III
PT. VICTORIA CARE INDONESIA (OMAH
HERBORIST)
A.
Tempat Kunjungan
1.
Omah Herborist Semarang, Beauty Care
Factory Outlet
PT.Victoria
Care Indonesia
Alamat : Jl Jend Gatot Subroto,
2.
Kawasan Industri Candi
Blok 5A/8 Ngaliyan, Semarang,
B.
Sejarah
PT
Victoria Care Indonesia saat ini telah menjadi mitra kerja terpercaya bagi
banyak perusahaan ritel besar di Tanah Air. Kepercayaan yang telah diraih ini
tak lain karena PT Victoria Care Indonesia senantiasa inovatif dan selalu
menjaga mutu produknya. Perusahaan lokal bertaraf internasional ini berhasil
menempatkan diripada posisi terbaik sebagai produsen kosmetik, perlengkapan
toilet, dan perawatankesehatan.
Selain
itu, produknya juga aman dipakai serta cocok untuk kebutuhan dan kulit wanita
Asia khususnya Indonesia. Pesatnya perkembangan perusahaan yang berbasis di
Kota Semarang, Jawa Tengah, ini lantaran memiliki konsep dan visi-misi yang fokus.
Faktor lainnya adalah karena manajemen yang selalu memegang teguh komitmen untuk
menyediakan produk terbaik dan aman digunakan. Begitu puladengan meratanya jaringan
distribusi. Anak perusahaan SSS Group ini memiliki target untuk memproduksi
kosmetik lainnya agar masuk pasar dunia. Selain tentunya mempertahankan
reputasi sebagai salah satu pelopor industri manufaktur yang mumpuni dan
berdaya saing tinggi.(YNI/Tim Usaha Anda).
C.
Profil
Perusahaan
Herborist
merupakan salah satu merek perawatan kulit tradisional Bali yang dapat membuat
kulit halus dan bersih dalam cara yang lebih praktis. Berada dibawah naungan PT
Victoria Care Indonesia, lebih dahulu memasarkan produknya di Bali. Melihat
semakin besarnya peminat produk Herborist di Bali, maka Herborist juga
dipasarkan di kota-kota lain termasuk Jakarta. Herborist memiliki banyak varian
produk perawatan kulit seperti Herborist Lulur Tradisional Bali, Herborist Hand
and Body Wash, juga produk parfum yaitu Herborist Natural Scent. Tidak hanya
untuk kulit Herborist juga mengembangkan produknya untuk perawatan Miss V yaitu
Herborist Feminine Wash.
Di
Omah Herborist ini selain memproduksi berbagai produk kecantikan seperti
massage oil, skin care, lulur bali, juga dilengkapi museum mini berkaitan
dengan dunia kecantikan. Berasal dari bahasa Jawa yang berarti rumah, Omah
Herborist merupakan sebuah kearifan tradisi lokal, yang juga merupakan sebuah
pengalaman memahami dan menggali warisan budaya dan kekayaan alam nusantara
untuk kecantikan wanita Indonesia.
Lebih
dari sekedar beauty care factory outlet, Omah Herborist ini mendokumentasikan
sejumlah warisan sejarah herbal tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini
dan pemutaran film pendek. Dilengkapi dengan kolekasi benda-benda kuno yang
pernah menjadi saksi perjalanan waktu. Selain itu pengunjung juga bisa membeli
produk Herborist Natural Care dengan
harga pabrik.Untuk kunjungan bisa datang langsung ke Omah Herborist Setiap hari
Senin hingga Jumat, pukul 08.00– 17.00.
D.
Hasil
Kegiatan
Omah
Herborist (PT. Victoria Care Indonesia) Kegiatan kunjungan industri di PT.Victoria
Care Indonesia dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2017,waktu kunjungan pukul
13.00-1500.
Saat
pertama kali kunjungan di Omah Herborist pengunjung dipersilahkan untuk masuk
ke Ruang Lab (QC,R&D,Lab Mikro,Ruang reparasi,SPV QC, MGR QC,Ruang Retain
sampel,Ruang Doc Keeeper, dan Ruang Fisika).
Ruang
fisika terdapat neraca untuk bahan baku ditimbang skala kecil ,kemudian di
hitung Ph,kekentalan dengan viskometer karena jika terlalu kental akan susah
untuk di aplikasikan.Ruang Kimia terdapat stringhot plate untuk melelehkan
,kemudian terdapat uji saponin : sebanyak apa busa yang di hasilkan. Ada bagian
ruang standar bahan baku untuk melakukan uji esktrak in vitro dan in vivo di
uji bersama kulit manusia , Standar bahan baku halal yang sudah teruji
kehalalan dari bahan baku dari najis. Kemudian bahan di uji dalam etalase
dengan sinar lampu tahan atau tidak, di laboratorium mikrobiologi di test ada
tidaknya mikroba.
Ada
ruang R&D bagian inovasi produk biasanya proses pengujianya dengan 5 smapel
di uji di dalam kulkas /freezer kemudian didalam etalase suhu kombinasi semisal
pagi terkena matahari malam tidak terkena atau sebaliknya kemudian di
ruang suhu tanpa ac. Di ruang Retain Sampel Ruang dimana sampel yang di simpan
supaya jika ada keluhan dari pasien bisa di telusuriuntuk investigasi, produk
disimpan selama sampai masa expaired + 1 tahun. Standar bahan kemas di ruangan
ini produk di masukan ke dalam inkubator selama 3 bulan ,jika dapat bertahan
selama 3 bulan dalam ruang ini menandakan ketahanan produk jika berada di luar
dapat bertahan 3 tahun dengan suhu di inkubator tersebut yaitu 47,9 C.
Kemudian
kami memasuki Ruang Produksi sebelum memasuki Ruang Produksi yang perlu
diperhatikan adalah: steril. Di ruang interface Pengunjung akan dibekali dengan
pakaian khusus yang steril mulai dari jas lab, masker, penutup kepala dan
pelindung alas kaki. Selain itu, kita tidak boleh memotret dan tidak
boleh asal memegang piranti dan produk di dalam pabrik. Kemudian
pengunjung akan berkeliling di ruang produksi yang berada di lantai 2.
Selain tidak boleh memfoto dan mendokumentasikan dalam bentuk apapun kecuali
untuk pembelajaran kunjungan dengan mencatat di buku tulis ,di ruang produksi
ini kami hanya bisa melihat proses produksi di luar etalase, karena untuk
menghindari plagiasi atau pencurian ide. Di ruang produksi ini bagian lantai
merupakan lantai epoxy yang tidak menyerap debu .
Air
yang di gunakan adalah AIR RU (AHU) yang dapat membunuh 99% bakteri selain di
gunakan untuk bahan baku air ini digunakan untuk air minum karyawan. Pada
bagian ini terdapat berbagai ruang, yaitu: ruang bersih, ruang
penyimpanan parfum, ruang reverse osmosis, ruang timbang produk, ruang cuc i
alat, ruang penirisan alat, ruang pemanasandan mixing padat, krim &
cair, serta area karantina produk ruahan. Untuk bahan baku yang akan di
mixing (padat +krim) untuk yang padat seperti sabun dapat di produksi 500
kg 1 kali produksi ,untuk krim2 ton mesin mixing ini bekerja 4-6 jam kerja .
Untuk
produksi padat setelah di mixing masuk ke ruang cetakan. Produk yang dicetak
akan masuk ke ruang penyimpanan sementara bahan padat dinginkan (di
bekukan)10 hari kemudian dinpotong-potong . Untuk produksi cair
memperoduksi 2 ton dalam 4-6 jam kerja , 1 mesin dapat memproduksi 20000 botol
isi 100 ml. Untuk menyimpan produk cair ada tangki khusus kemudian untuk bahan
krim dimasukan ke : Tong biru, padat di higiens padat. Setelah berkeliling
dibagian produksi, kita akan turun ke lantai 1 untuk melihat isi gudang
penyimpanan, ruang labeling & barcode, ruang pengisian yag
dibedakan antara cair, krim & padat, serta di area pakaging .
Untuk
proses labelling /pengemasan dan pengisisan/ filling. Menggunakan mesin pegasus
(labelling) setelah pengemasan ,terdapat proses untuk memastikan mengecek label
terpasang dengan baik , Ruang pengisian : terdapat pengisian dengan mesin tube
untuk sediaaan tube seperti produk Herborist body butter,mesin pengi minyak
zaitun dan pengisi bentuk cair seperti parfum. Penyimpanan gudang
dilakukan berdasarkan huruf abjad dan disini juga dilakukan penimbangan skala
besar.
Area
packaging saat memasuki ruang ini pengunjung tidak boleh melewati garis merah
dan kuning . Kemudian ke Ruang pengelolaan Limbah (IPAL) ,pengelolaan limbah
cair standar penentuan bahan itu tidak mencemari dan tidak mengandung zat
berbahya adalah dengan : digunakan untuk menyiram tanaman jika tidak mati
berarti sudah tidak berbahaya ,kemudian ada juga dengan uji dikolam ikan air
yang sudah di kelola itu dimasukan ke kolam ikan jika ikanya tidak mati berarti
tidak berbahaya lagi.
Kemudian
kami kembali ke lantai 1 untuk istirihat sebentar ada sambutan hangat dari
pihak PT. Victoria care Indoneisa, pemaparan materi , dan sesi tanya jawab oleh
pihak PT. Victoria Care Indoneisa.Kemudian kami menuju ke ruang mini museum Omah
Herborist ternyata juga mendokumentasikan sejumlah warisan sejarah herbal
tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini yang berisikan sejarah herbal dan
bahan alami untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Selanjutnya kami menuju
theater room untuk menyaksikan film pendek sejarah berdirinya PT. Victoria
Secret . dan ke factory outlet yang menjual semua produk mulai produk
biasa seperti sabun sirih, minyak zaitun, sun block, scrub, parfum, lulur, dan
lain-lain. Ada juga premium produk seperti parfum,dll yang hanya bisa di dapat
di pabrik dan bali. Nah, disitu pengunjung bisa berbelanja sesuai keinginan dan
kebutuhan.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Dengan diadakan Kunjungan Industri
seperti ini siswa siswi diharapkan dapat berfikir maju, kreatif, dan efisien
sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif misalnya kenakalan
remaja karena bakat dan kemampuannya lebih tersalur kepada hal-hal yang positif
yang akan berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.
2.
Semangat dan
kegigihan dalam membuat atau mendirikan usaha itu ternyata sangatlah penting
demi kelangsungan hidup.
B. Kesan dan Saran
Untuk
menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai
beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.
Kesan :
1. Sambutan dari pihak perusahaan
sangat ramah dan baik.
2. Kunjungan industri ini sangat
bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung karyawan - karyawan yang sedang
bekerja di perusahaan tersebut.
3. Banyak pengalaman yang kami peroleh
di perusahaan tersebut.
4. Kami mendapatkan banyak ilmu mengenai
perusahaan yang kami kunjungi.
Saran :
1. Kegiatan lebih baik disesuaikan
dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannya.
2. Diharapkan agenda program Kunjungan
Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.
3. Sekolah
sebaiknya mengadakan Kunjungan Industri ketempat yang sesuai dengan kompetensi
keahlian.
LAMPIRAN
FOTO-FOTO
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar